BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA
STT Dharma Iswara Madiun

Masa Jabatan Tahun 2014 - .....
Home » , » PROFIL STT DHARMA ISWARA

PROFIL STT DHARMA ISWARA

Written By Unknown on Tuesday 28 July 2015 | 14:03



  1. SEJARAH JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

Berbagai kemajuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information andCommunication Technology/ ICT) telah terjadi pada abad ini. Perkembangan Teknologi Informasi yang merupakan gabungan antara perangkat keras dan perangkat lunak, juga dipicu oleh perkembangan Teknologi Komunikasi. Komunikasi saat ini telah jauh berkembang menjadi komunikasi yang bergerak (mobile). Dalam komunikasi bergerak, terlihat kecenderungan integrasi antara komunikasi data dan komunikasi voice, antara lain dengan semakin berkembangnya mobile devices (cell phonePDA/ Personal Digital Assistant) yang telah mengintegrasikan teknologi General Packet Radio Service (GPRS).
Saat ini, perkembangan Teknologi Komunikasi telah melompat lebih jauh lagi, misalnya dengan adanya DSL/ Digital Subscriber Line maupun WiFi/ Wireless Fidelity yang telah meningkatkan kualitas dari koneksi antar perangkat teknologi dan komunikasi, content yang diberikan tidak terbatas pada hanya berupa teks dan grafik saja, tapi juga berupamultimedia. Seiring dengan perkembangan ini, kebutuhan akan sumberdaya manusia yang handal dalam keahlian teknis maupun praktis di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi akan terus meningkat.
Dengan melihat perkembangan ini, maka Yayasan PPLP PT PGRI Madiun mendirikan Program S1 Teknik Informatika (S1) ini untuk memenuhi kebutuhan tersebut. STT Dharma Iswara Madiun adalah Sekolah Tinggi yang dengan Jurusan S1 Teknik Informatika merupakan jurusan Strata Satu yang sudah berdiri sejak tahun 1996 dan telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nomor : 035/BAN-PT/Ak-XI/S1/I/2009.


    1. VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi :
Visi Program Studi Teknik Informatika STT Dharma Iswara Madiun adalah “Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk pengembangan Intelektual dalam bidang Informatika serta memprioritaskan harkat dan martabat manusia dalam mengembangkan Ilmu dan Teknologi “ .

Misi :
  1. Melaksanakan pendidikan Teknik Informatika yang berorientasi pada kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di pasar kerja.
  2. Mengupayakan pengembangan sumber daya manusia yang mempunyai kontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan,teknologi dan kesejahteraan manusia.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat yang mampu memperbesar kapasitas dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi Teknik Informatika.
  4. Menyiapkan sumber daya manusia mempunyai jiwa enterpreneurship dan integritas moral yang tinggi.
  5. Dapat mengaplikasikan IPTEK untuk meningkatkan daya saing informatika.


Tujuan :
  1. Memenuhi kebutuhan Sarjana dibidang Teknik Informatika yang mampu dan terampil menggunakan teknologi informasi / komputer serta mengendalikannya.
  2. Mencetak tenaga terampil yang mampu membuka usaha baru dibidang Teknik Informatika dan Komputer dengan berwiraswasta dan berwirausaha.
  3. Memberikan wawasan pada para lulusannya agar dapat beradaptasi dengan kemajuan dan perkembangan teknologi informasi dan komputer.



    1. SASARAN PROGRAM STUDI

  1. Sarjana Teknik Informatika yang menguasai ilmu dan aplikasinya untuk mengevaluasi, memperbaiki dan mengoperasikan sistem secara terpadu serta mempunyai kompetensi dibidang sistem informasi.
  2. Sarjana Teknik Informatika yang mampu memberikan kontribusi kemajuan ilmu dan teknologi informasi.
  3. Relevansi kurikulum dan peningkatan mutu proses pembelajaran terhadap kondisi nyata.
  4. Kompetensi program dengan kebutuhan masyarakat (dunia industri) , sehingga lulusan yang dihasilkan dapat terserap di dunia kerja sesuai dengan keahliannya.
  5. Wawasan wirausaha, ketrampilan berkomunikasi dan kemampuan bekerja sama.


    1. KOMPETENSI & PROFIL LULUSAN

Lulusan dari jurusan S1 Teknik Informatika merupakan seorang lulusan yang akan mampu berkompetisi di dunia kerja dengan memiliki kompetensi sebagai berikut :
  1. Memiliki keahlian dalam pemrograman berorientasi objek terutama yang berbasis mobile dengan menggunakan teknologi .NET Compact Framework maupun teknologi Java MIDP .
  2. Memiliki keahlian dalam aplikasi multimedia, berupa pengolahan citra statis (still pictures) maupun citra bergerak (moving pictures).
  3. Memiliki keahlian dalam aplikasi berbasis Internet, baik tampilan statis maupun dinamis, baik yang berbasis desktop(perangkat tidak bergerak) maupun mobile (perangkat bergerak).
  4. Memiliki keahlian dalam aplikasi basis data (database), baik yang diakses melalui situs web maupun dengan aplikasi lainnya.
  5. Memiliki jiwa kepemimpinan yang berdasarkan keimanan kepada Tuhan.
  6. Memiliki etika dalam berbisnis yang luhur .
  7. Memiliki jiwa kewirausahaan (enterpreneurship).
  8. Memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi.


    1. PROSPEK LULUSAN

Dengan kemampuan yang dimiliki , maka prospek pekerjaan yang akan didapat dari calon lulusan program studi teknik informatika adalah sebagai berikut :


  1. Bekerja di Instansi/Lembaga pemerintahan dan swasta yang menggunakan teknologi komputer, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
  2. Bekerja di perusahaan komputer teknologi informasi baik dari sisi hardware maupun software.
  3. Sebagai Sarjana Informatika dalam pemrograman komputer (programming) , jaringan komputer (networking) dan internet.
  4. Sebagai konsultan teknologi komputer / teknoloi informasi.
  5. Berwirausaha mandiri dibidang teknologi informasi.
Share this article :

1 komentar:

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2014. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger